Selasa, 24 Maret 2009

Koneksi Jaringan Shared Printer antara XP dan Vista...

Anda menggunakan Vista? Tempat kerja Anda memiliki koneksi jaringan lokal/LAN? Pernahkah Anda menemukan masalah ketika ingin menghubungkan komputer Vista Anda ke printer di komputer lain yang menggunakan OS XP? Atau notebook Vista Anda tidak memiliki port untuk printer lama sementara komputer di kantor Anda yang menggunakan XP sudah terhubung langsung ke printer? Apakah pesan seperti tampilan di awal tulisan ini muncul dalam komputer/notebook Vista Anda?
Nah, tulisan berikut ini akan memberikan alternatif solusinya, bagaimana menghubungkan komputer/ notebook Vista Anda ke printer milik komputer lain yang menggunakan OS XP....


  1. Pastikan printer dan komputer tetangga yang akan dikoneksikan via LAN sudah ON dan Log-in.
  2. Di komputer/ notebook Vista Anda, klik 'logo Vista di pojok kiri bawah', kemudian klik 'Network', dan temukan 'nama komputer dan nama printer' yang ingin Anda koneksikan. Ingat-ingat, atau catat nama komputer, nama printer dan tipe printer di kertas atau notepad.
    Tips : klik kanan pada icon printer network dan klik 'properties', maka akan muncul pop-up yang memuat nama printer, nama di jaringan, port, dll.

  3. Buka 'Control Panel' dan klik pada icon 'Printer'
  4. Klik kiri pada menu bar 'Add a printer' atau klik kanan pada area kosong dan pilih 'add printer', maka akan muncul pop-up menu.

  5. Pilih opsi 'Add A Local Printer'

  6. Pilih 'Create New Port'


  7. Klik 'Next', maka akan muncul pop-up menu berupa kotak kecil sebaris dan masukkan nama komputer dan printer dengan format:
    '\\NamaKomputer\NamaPrinter' kemudian klik 'OK'


  8. Setelah itu, Anda akan dibawa pada merk-merk printer di kotak kiri dan model/tipe-tipe printer di kotak kanan. Pilihlah sesuai dengan printer yang akan dikoneksikan.

  9. Klik 'Next' dan berikan identitas printer di sistem komputer Anda (info: identitas boleh bebas diberi nama apapun)

  10. Selanjutnya Vista akan memasang driver pada sistemnya dan koneksi jaringan ke printer telah SELESAI/FINISH, dan printer siap digunakan dari komputer/ notebook Vista Anda.


Semoga berguna....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar