Sampai di Bale Karangmalang, sudah ada istri dan si sulung. Sementara mereka kumpul2, saya coba bongkar kipas radiator. Karena kondisi mesin masih panas, saya tidak bisa mencopot utuh kipasnya, jadinya saya copot bagian per bagian sampai akhirnya dapat bagian dinamonya. Dinamo saya bongkar kemudian saya semprot dengan WD-40 untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Setelah tindakan itu, kipas sudah mau berputar tanpa bantuan namun masih lemah. Karena hari sudah senja, mesin saya rapikan kembali dan mengandalkan air radiator dan cadangannya untuk perjalanan kembali ke rumah, resikonya harus berhenti setiap saat ketika jarum sudah bergerak lebih dari setengahnya, so jadinya berhenti 3x selama perjalanan pulang.
Next, hari Senin (03/04) saya googling mencari informasi seputar masalah kipas radiator, dari beberapa artikel yang saya dapat saya mengambil kesimpulan bahwa penyebab putaran melemah pada dinamo kipas radiator ada pada komponen: CARBON BRUSH.
Selasa nya (04/04), pas kebetulan tidak sedang hujan, dalam perjalanan pulang saya mampir ke Panorama Motor untuk beli Carbon Brush meski tidak membawa contoh. Dan saya mendapat Carbon Brush keluaran GP Electric Corporation seharga tidak lebih dari Rp. 10 ribu, isinya 2 buah carbon brush dan 2 per/pegas.
Tampak kedua carbon brush sudah menipis hingga tersisa 5 mm, dengan kondisi itu pantas saja arus listrik tidak terhantar lancar. Kemudian, saya pasangkan carbon brush yang baru saya beli tadi ke tempatnya ternyata kepanjangan sehingga harus dipotong menyesuaikan lebar bagian bilah tembaga dinamo dan tebal per ketika dimampatkan. Akhirnya saya potong sekitar 1 cm menggunakan gergaji pada bagian yang tidak terpatri kabel tembaga, baru kemudian saya pasangkan kembali. Saya solder kabel2 carbon brush ke pelat konektor tembaga dinamo. Dirapatkan kembali bagian2 dinamo, dan sebelum dipasang ke dudukannya coba dites langsung ke aki dulu, dan tra..ta...ta.... dinamo kembali berputar kencang. Setelah dirasa cukup, saya rapikan kembali kipas ke dudukannya di belakang radiator. Setelah selesai, saya coba hidupkan mobil dan menunggu hingga suhu mesin bergerak setengah. ALHAMDULILLAH, kipas radiator telah berfungsi normal kembali, dan hari ini Rabu (05/04) sudah bisa dipakai jalan lagi.
== di balik setiap permasalahan terdapat pengetahuan yang bermanfaat ==
Tidak ada komentar:
Posting Komentar